:: Artikel Kesehatan Keluarga ::Wednesday, January 24, 2007

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Kata coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Suku Aztec dan Maya di Mexico percaya bahwa Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat yang berasal dari surga kepada mereka. Cortes kemudian membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528, dan oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Coklat kemudian menyebar ke Perancis, Belanda dan Inggris. Pada tahun 1765 didirikan pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat.

Dalam perkembangannya coklat tidak hanya menjadi minuman tetapi juga menjadi snack yang disukai anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Selain rasanya enak, coklat ternyata berkhasiat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang. Suatu studi epidemiologis telah dilakukan pada mahasiswa Universitas Harvard yang terdaftar antara tahun 1916-1950. Dengan menggunakan food frequency questionnaire berhasil dikumpulkan informasi tentang kebiasaan makan permen atau coklat pada mahasiswa Universitas Harvard.

Dengan mengontrol aktivitas fisik yang dilakukan, kebiasaan merokok, dan kebiasaan makan ditemukan bahwa mereka yang suka makan permen/coklat umurnya lebih lama satu tahun dibandingkan bukan pemakan. Diduga antioksidan fenol yang terkandung dalam coklat adalah penyebab mengapa mereka bisa berusia lebih panjang. Fenol ini juga banyak ditemukan pada anggur merah yang sudah sangat dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan jantung. Coklat mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker.

Selama ini ada pandangan bahwa permen coklat menyebabkan caries pada gigi dan mungkin juga bertanggung jawab terhadap munculnya masalah kegemukan. Tak dapat disangkal lagi bahwa kegemukan adalah salah satu faktor risiko berbagai penyakit degeneratif. Tetapi studi di Universitas Harvard ini menunjukkan bahwa jika Anda mengimbangi konsumsi permen coklat dengan aktivitas fisik yang cukup dan makan dengan menu seimbang, maka dampak negatip permen coklat tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Menurut kepercayaan suku Maya, coklat adalah makanan para dewa. Rasa asli biji coklat sebenarnya pahit akibat kandungan alkaloid, tetapi setelah melalui rekayasa proses dapat dihasilkan coklat sebagai makanan yang disukai oleh siapapun. Biji coklat mengandung lemak 31%, karbohidrat 14% dan protein 9%. Protein coklat kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin, dan tyrosin. Meski coklat mengandung lemak tinggi namun relatif tidak mudah tengik karena coklat juga mengandung polifenol (6%) yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah ketengikan.

Di Amerika Serikat konsumsi coklat hanya memberikan kontribusi 1% terhadap intake lemak total sebagaimana dinyatakan oleh National Food Consumption Survey (1987-1998). Jumlah ini relatif sedikit khususnya bila dibandingkan dengan kontribusi daging (30%), serealia (22%), dan susu (20%). Lemak pada coklat, sering disebut cocoa butter, sebagian besar tersusun dari lemak jenuh (60%) khususnya stearat. Tetapi lemak coklat adalah lemak nabati yang sama sekali tidak mengandung kolesterol. Untuk tetap menekan lemak jenuh agar tidak terlalu tinggi, ada baiknya membatasi memakan cokelat hanya satu batang saja per hari dan mebatasi mengkonsumsi suplement atau makanan lainnya yang mengandung catechin seperti apple dan teh.

Dalam penelitian yang melibatkan subyek manusia, ditemukan bahwa konsumsi lemak coklat menghasilkan kolesterol total dan kolesterol LDL yang lebih rendah dibandingkan konsumsi mentega ataupun lemak sapi. Jadi meski sama-sama mengandung lemak jenuh tetapi ternyata efek kolesterol yang dihasilkan berbeda. Kandungan stearat yang tinggi pada coklat disinyalir menjadi penyebab mengapa lemak coklat tidak sejahat lemak hewan. Telah sejak lama diketahui bahwa stearat adalah asam lemak netral yang tidak akan memicu kolesterol darah. Mengapa? Stearat ternyata dicerna secara lambat oleh tubuh kita dan juga diabsorpsi lebih sedikit.

Sepertiga lemak yang terdapat dalam coklat adalah asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh. Asam oleat ini juga dominan ditemukan pada minyak zaitun. Studi epidemiologis pada penduduk Mediterania yang banyak mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun menyimpulkan efek positip oleat bagi kesehatan jantung.

Sering timbul pertanyaan seberapa banyak kita boleh mengkonsusmi coklat? Tidak ada anjuran gizi yang pasti untuk ini, namun demikian makan coklat 2-3 kali seminggu atau minum susu coklat tiap hari kiranya masih dapat diterima. Prinsip gizi sebenarnya mudah yaitu makanlah segala jenis makanan secara moderat. Masalah gizi umumnya timbul bila kita makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Makan coklat tidak akan menimbulkan kecanduan, tetapi bagi sebagian orang rasa coklat yang enak mungkin menyebabkan kerinduan untuk mengkonsumsinya kembali. Ini yang disebut chocolate craving. Dampak coklat terhadap perilaku dan suasana hati (mood) terkait erat dengan chocolate craving. Rindu coklat bisa karena aromanya, teksturnya, manis-pahitnya dsb. Hal ini juga sering dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine yang adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga). Konon Raja Montezuma di jaman dahulu selalu mabuk minuman coklat sebelum menggilir harem-haremnya yang berbeda setiap malam.

Katekin adalah antioksidan kuat yang terkandung dalam coklat. Salah satu fungsi antioksidan adalah mencegah penuaan dini yang bisa terjadi karena polusi ataupun radiasi. Katekin juga dijumpai pada teh meski jumlahnya tidak setinggi pada coklat. Orang tua jaman dahulu sering mempraktekkan cuci muka dengan air teh karena dapat membuat kulit muka bercahaya dan awet muda. Seandainya mereka tahu bahwa coklat mengandung katekin lebih tinggi daripada teh, mungkin mereka akan menganjurkan mandi lulur dengan coklat.

Coklat juga mengandung theobromine dan kafein. Kedua substansi ini telah dikenal memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu ketika kita terkantuk-kantuk di bandara atau menunggu antrian panjang, makan coklat cukup manjur untuk membuat kita bergairah kembali.

Produk coklat cukup beraneka ragam. Misalnya, ada coklat susu yang merupakan adonan coklat manis, cocoa butter, gula dan susu. Selain itu ada pula coklat pahit yang merupakan coklat alami dan mengandung 43% padatan coklat. Coklat jenis ini bisa ditemukan pada beberapa produk coklat batangan. Kandungan gizi coklat bisa dilihat pada tabel.

Zat GiziCoklat SusuCoklat Pahit
Energi (Kal)381504
Protein (g)95,5
Lemak (g)35,952,9
Kalsium (mg)20098
Fosfor (mg)200446
Vit A (SI)3060


Belum ada bukti bahwa coklat menimbulkan jerawat. Coklat juga tidak bisa dikatakan sebagai penyebab utama munculnya plaque gigi karena plaque gigi juga bisa timbul pada orang yang mengkonsumsi makanan biasa sehari-hari. Hanya saja coklat perlu diwaspadai, khususnya bagi orang-orang yang rentan menderita batu ginjal. Konsumsi 100 g coklat akan meningkatkan ekskresi oksalat dan kalsium tiga kali lipat. Oleh karena itu kiat sehat yang bisa dianjurkan adalah minumlah banyak air sehabis makan coklat.



Sumber :
kolom.pacific.net.id dan Yayasan Jantung Indonesia

58 Comments:

Blogger cunding said...

Bagus sekali artikelnya...sangat berguna.

Salam
Lilis http://sehat-online.blogspot.com

April 29, 2007 1:36 PM  
Blogger Sales KINI said...

Resep makanan yang bagus. Blognya bagus, kalo boleh bisa bantuin aku bikin blog.

July 27, 2007 9:36 AM  
Blogger ari setiaji said...

wah lumayan juga ya...bolgnya

June 18, 2008 3:33 PM  
Blogger athiLLa said...

thanks ya..tambah ilmu bgt q baca blog anda,apalagi q penggemar berat coklat...

December 12, 2008 11:34 AM  
Anonymous Anonymous said...

Tapi cokelat khan bisa bikin gemuk??

February 27, 2009 12:51 AM  
Anonymous Anonymous said...

thaks informasinya ya.. penting dan berguna banget lho..

March 21, 2009 3:51 PM  
Anonymous Anonymous said...

www.usaha-yuk.blogspot.com
www.cari-money.blogspot.com

June 08, 2009 1:01 PM  
Anonymous usaha-yuk said...

wah bagus juga artikelnya....
ulas juga dong artikel tip cantik.
oiya sekedar sharing kini telah hadir blog yang berisi macam-macam pilihan bisnis untuk anda, juga ada info beasiswa ke singapora lho...

June 08, 2009 1:06 PM  
Anonymous Anonymous said...

Gw kurus bgt.
Bisa gemuk gak kalo makan coklat tiap hari..?
N apa ada efekna buat org kurus?
Reply me soon.
Thx in advance

September 01, 2009 8:50 AM  
Anonymous Aditya said...

Keren sekali....

September 12, 2009 12:26 PM  
Anonymous Anonymous said...

hallo, salam kenal. untuk tmn2 yg haus akan artikel2 kesehatan lainnya bisa klik link berikut. smoga dpt m'bantu:)
http:http://www.melindahospital.com/melindahospital/modul/user/artikel.php

October 21, 2009 2:05 PM  
Anonymous slametbasuki said...

wah..jd g ada alasan utk larangan makan coklat neh...keep'n touch ya...

January 14, 2010 1:06 PM  
Anonymous Health Information said...

cewek ku ntar kujelasin deh soal coklat hehehe...

February 16, 2010 8:31 AM  
Anonymous Roesnandar said...

Artikel yg menarik

March 26, 2010 2:05 PM  
Anonymous lulu said...

jadi mau ke bali

June 22, 2010 1:16 PM  
Anonymous solusi bersama said...

nice articles.
kalo mau tau info tentang kesehatan dan traveling silahkan kunjungi website saya http://solusi-bersama.com

June 24, 2010 9:14 AM  
Anonymous Anonymous said...

Lihat juga 10 manfaat cokelat bagi kesehatan di http://belajar-berwiraswasta.blngspot.com. Terima kasih.

July 14, 2010 1:30 PM  
Anonymous komunitas bersama said...

nice artikel thanks....
http://hanum.forumq.biz

July 19, 2010 12:51 AM  
Anonymous fajar komariyah said...

blog yg bagus dan dpt bermanfaat untuk saya dan para pembaca lainnya,,,

July 21, 2010 11:43 AM  
Blogger AnesAnggraRasaCoklat said...

blog nya bgs plus b'manfaat bgt buat yg baca. like this

October 16, 2010 2:05 PM  
Anonymous hendra said...

ternyata coklaty itu banyak manfaatnya
terima kasih artikelnya
salam kenal
obral sprei dan bedcover kwalitas

December 01, 2010 7:25 PM  
Anonymous Erni said...

info yang sangat menarik..
coklat juga bisa menjadi alternatif penambah energi yang cepat. misalnya saat baru melakukan aktifitas yang sangat menguras energi atau setelah berpuasa. coklat yang manis dapat langsung memberikan energi yang tidak memerlukan proses pencernaan yang terlalu panjang sehingga tubuh dapat langsung mendapat asupan energi.
sejauh yang pernah saya baca, konsumsi coklat juga bisa membantu mengontrol emosi, dan memberikan rasa tenang..

December 11, 2010 10:49 PM  
Blogger wina said...

slam kenal aja .... makasih postingnya

December 16, 2010 10:09 AM  
Blogger UP Network said...

thanks infonaaa

January 20, 2011 9:38 AM  
Anonymous Obat herbal said...

Thanks infonya gan sangat bermanfaat...

February 10, 2011 2:20 PM  
Anonymous transfer factor 4life said...

nice blog, infonya sangat bermanfaat jadi nambah wawasan... Trims

March 22, 2011 12:37 AM  
Anonymous xamthoneherbal.com said...

sangat membantu artikelnya...

March 23, 2011 1:00 AM  
Anonymous info pengobatan said...

Yaya ...saya coba

March 28, 2011 12:28 PM  
Anonymous cv.maju mapan said...

Artikel bagus...Cek kesehatan dengan rutin kami menyediakan alkes dengan harga murah dan berkualitas, silahkan klik disini

May 17, 2011 10:37 AM  
Anonymous info kesehatan said...

bagus...
http://sehatluarbiasa.blogspot.com

May 28, 2011 9:52 PM  
Anonymous xoki said...

It's good Thanks..

June 06, 2011 8:25 PM  
Anonymous Andi said...

Ok..! thank's I am Wait next article..

June 06, 2011 8:28 PM  
Anonymous Momogi said...

Thanks untuk informasinya

June 08, 2011 11:25 AM  
Anonymous berita unik said...

berita unik

July 21, 2011 6:37 PM  
Anonymous artikel kesehatan said...

artikel kesehatan

July 21, 2011 6:38 PM  
Anonymous ramuan tradisional said...

Info menarik, tapi sebelumnya saya memang pernah mendengar bahwa coklat bisa mencegah penyakit jantung

August 02, 2011 6:22 PM  
Anonymous rahman said...

coklat juga bisa untuk meningkatkan gairah...


http://ruang-kesehatan.blogspot.com/2011/04/makanan-yang-meningkatkan-gairah.html

August 22, 2011 11:04 AM  
Anonymous artikelpenjas said...

Continue Reading →
Mengatasi Selulit

Pantangan Ibu Hamil

August 23, 2011 11:54 PM  
Anonymous peter lau said...

Coklat, memang selain lezat dan memiliki manfaat beragam seperti yang anda tulis, terima kasih...salam

September 19, 2011 12:07 AM  
Anonymous OBAT AMBEIEN HERBAL said...

mantaf informasinya... aku suka ini

October 03, 2011 3:50 PM  
Anonymous farida said...

wah kelaurga kami memang paling suka coklat , sipp deh kalo bgt , thx ya info nya

October 21, 2011 12:19 PM  
Anonymous Anonymous said...

Thanks info nya... Sy suka banget minum coklat hangat... Tapi penasaran pengen nyobain minum coklat yg pahit.. Dimana qt bisa mendapatkannya? Karena slama ini minuman coklat yg ada di supermarket selalu manis..

October 26, 2011 6:22 AM  
Anonymous Obat asam urat said...

Wah ternyata kandungan energinya cukup besar ya, makasih telah berbagi...

December 08, 2011 10:24 AM  
Anonymous airvan42 said...

keren infonya sob..thanks

February 09, 2012 12:35 AM  
Anonymous VIRALSHOP said...

makasih bos infonya sangat berguna...sehat jasmani sehat rohani.

March 13, 2012 1:34 PM  
Anonymous asuhan keperawatan NANDA said...

artikel yang bagus...
bisa dicoba tips2nya...

June 08, 2012 7:48 PM  
Anonymous Anonymous said...

Halo Admin tips-sehatku.blogspot.com,

Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

Anda bisa menampilkan link Vemale.com di tips-sehatku.blogspot.com
Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan

Dan kami akan menampilkan link tips-sehatku.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/kesehatan/


Terima kasih atas kerjasamanya :)

-- Humas Vemale.com
Eka Retnaning Astuti

July 31, 2012 10:59 AM  
Anonymous cream pemutih muka said...

I like coklat...salam kenal

November 17, 2012 7:42 AM  
Anonymous zell v said...

salam kenal...nice posting

November 17, 2012 7:43 AM  
Anonymous sherly said...

enak, sehat lagi

yummy :3

November 22, 2013 10:24 AM  
Anonymous mela miul said...

yang gimana dulu coklatnya nih gan ?

kalo coklat yang di jajanan warung itu sama aja ga ?

November 23, 2013 4:01 PM  
Blogger Ali Wirasatriaji said...

I really appreciate the positive lift I get from your blog. Have a blessed and grace-full day! Cap Kaki Tiga, Setia, Manfaat really!

March 31, 2014 10:45 PM  
Anonymous Monggo said...

Kebetulan aku juga suka coklat tuh :D

July 22, 2014 5:36 AM  
Anonymous Kacang Mete said...

ini blog lama banget, pelopor nih..
cuma dah jarang diupdate yah..

March 07, 2015 5:11 PM  
Anonymous Kacang Mete said...

ini blog lama banget, pelopor nih..
cuma dah jarang diupdate yah..

March 08, 2015 8:38 AM  
Blogger Unknown said...

Kami menjual coklat murni langsung dari pabriknya (home industry). Ada coklat untuk dikonsumsi ataupun untuk masker / lulur. Mari mampir ke instagram kami : @ichbee atau line : ichbee atau bisa langsung sms ke : 082174443131

March 30, 2015 9:17 PM  
Blogger Unknown said...

Kami menjual coklat murni langsung dari pabriknya (home industry). Ada coklat untuk dikonsumsi ataupun untuk masker / lulur. Mari mampir ke instagram kami : @ichbee atau line : ichbee atau bisa langsung sms ke : 082174443131

March 30, 2015 9:19 PM  
Blogger Unknown said...

Q pernah baca artikel kalo yg bikin gemuk itu kandungan gula yg ada di dalam coklat olahan. Rasa asli coklat kan pahit, jadi biar manis, dikasih campuran banyak gula. Jadi mungkin yg dmaksud di artikel ini adalah coklat yg masih murni (tanpa campuran gula)

March 30, 2015 9:24 PM  

Post a Comment

<< Home